Connect with us

KABAR

Ratusan Anggota Kodim 1309/Manado Bawa Pedang Saat Pawai Fisco

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Ratusan anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 1309/Manado turun ke jalan sambil membawa pedang, Sabtu (2/9/2017).

Mereka memeriahkan Pawai Fisco (fish and coral) yang dimulai dari Karang Ria dan finish di Godbless Park dengan Tarian Kabasaran.

Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado Letkol Arm Yohanes Toar Pioh disela-sela pawai mengatakan, menurunkan tiga peleton untuk Tarian Kabasaran. Tarian yang merupakan budaya asli Minahasa menyedot perhatian peserta parade lain maupun warga yang menonton.

“Tujuan utama kami ikut adalah untuk menyukseskan Manado Fiesta 2017. Selain untuk berpartispasi, kami ingin menghibur warga Kota Manado dan sekitarnya,” ujar Pioh.

Dalam kegiatan ini, tiga tim yang turun masing-masing membawa spaduk yang bertuliskan torang samua bersaudara karena torang samua ciptaan Tuhan, Manado rumah kita bersama, dan NKRI harga mati.

Menurut Pioh, isi spanduk tersebut merupakan cerminan dari seluruh warga Kota Manado, termasuk anggota Kodim 1309/Manado.

“Anggotanya yang terlibat dalam tarian Kabasaran ini  tidak semua warga Minahasa. Lebih dari separuhnya berasal dari Jawa, Makasar dan daerah lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Paulus, warga Manado yang menonton pertunjukan itu mengaku terkejut menyaksikan penampilan tim Kabasaran dari Kodim 1309/Manado.

“Belum pernah selama hidup, saya menyaksikan atraksi tarian Kabasaran yang dimainkan ratusan anggota TNI AD. Bahkan dandimnya terjun sebagai sarian utama,” ujarnya.

 

Peliput: Gary Kaligis

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Click to comment

Komentar

MINSEL

Gempa 5.0 SR Terjadi Di Minahasa Selatan

Tidak berpotensi tsunami.

Published

on

zonautara.com
Lokasi gempa di Minahasa Selatan (BMKG)

MANADO, ZONAUTARA.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikia merilis informasi gempabumi, Selasa (20/2/2018).

Gempabumi berkekuatan 5,0 skala richter itu terjadi di 27 kilometer arah Barat Laut Minahasa Selatan. Lokasi tepatnya berada pada koordinat 1.34 LU – 124.42 BT.

Gempa pada kedalaman 202 kilometer itu terjadi pada pukul 17:29:28 WITA dan tidak berpotensi tsunami.

Belum ada laporan mengenai kerusakan sejauh ini yang diterima.

 

Editor: Ronny A. Buol

Comments

comments

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Percobaan Pembunuhan Gemparkan Sekretariat DPRD Minut

Published

on

zonautara.com
Ilustrasi penikaman. (Foto: Zonautara.com/Lukman Polimengo)

MINUT, ZONAUTARA.com – Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara (Minut) digemparkan dengan peristiwa percobaan pembunuhan terhadap seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), Selasa (20/2/2018) sekira pukul 10.00 Wita.

Korban diketahui bernama Jane Manua, pegawai di Bagian Umum Sekretariat DPRD Minut. Saksi di lokasi kejadian, Vera Kaunang mengatakan, pelaku masuk ke ruangan Bagian Umum dan terlibat adu mulut dengan korban.

“Suasana semakin memanas, tiba-tiba pelaku mengeluarkan sebilah pisau dan berusaha menikam korban. Saat itu Jane sempat melawan,” terang saksi.

Pegawai lainnya mengaku sempat menghadang pelaku. Namun karena ketakutan, pelaku melarikan diri dengan melompati dinding setinggi 3 meter.

Hasil identifikasi Satuan Reskrim Polres Minut menyatakan, korban terkena luka tusuk di dada sebelah kiri dan bagian ulu hati dengan pisau sepanjang 30 cm. Akibatnya, korban kritis dan dilarikan ke rumah sakit.

Kasat Reskrim Polres Minut AKP Ronny Maridjan saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Benar terjadi penikaman di Kantor DPRD Minut. Kami telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Pelaku kini dalam pengejaran oleh tim kami. Diduga pelaku adalah suami korban” jelas Ronny.

Dia berharap, pelaku segera menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.(K-15)

 

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: