Connect with us

PENDIDIKAN

1019 Siswa SMP Sitaro Ikut USBN

Published

on

zonautara.com
USBN di Sitaro. (Foto: zonautara.com/K-04)

SITARO, ZONAUTARA.com – Mulai hari ini, 1019 siswa sekolah lanjutan pertama (SMP) di Kabupaten Kepualauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sitaro Robert Kahiking ditemui saat meninjau pelaksanaan USBN di SMP Negeri 1 Siau Timur mengatakan, ini merupakan ujian sekolah tapi berstandar nasional.

“Ujian ini dilaksanankan oleh semua SMP se-Kabupaten Sitaro. Ada 1019 siswa yang ikut USBN,” katanya.

lanjut dia, siswa yang tidak mengikuti USBN, dapat mengikuti ujian susulan.

“Saya berharap, semua siswa dapat mengikuti ujian ini dengan baik. Nantinya mereka mendapat hasil yang baik juga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Siau Timur Hendriman Dalughu ketika diwawancarai mengatakan, anak didiknya siap ikut USBN.

“Saya kira mereka sudah siap dalam mengikuti ujian sekolah ini. Saya berharap, mereka dapat mengikutinya dengan baik,” katanya Senin (16/4/2018).

Dalam USBN hari pertama, kata dia, hadir dari Kementrian Agama.

Sementara itu, salah seorang siswi SMP Katolik Ulu Siau Sesilia Derek ketika diwawancarai mengatakan sudah menyiapkan diri mengikuti USBN.

“Siap atau tidak, saya harus siap. Dan memang saya sudah persiapkan diri, terutama menjaga kesehatan dan fisik supaya dapat mengikuti ujian dengan baik,” katanya. (K-04)

 

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Click to comment

Komentar

PENDIDIKAN

Peserta Diklat Penyuluh Agama Kemenag Sulut Dinyatakan Lulus

Published

on

Sebagian peserta Diklat penyuluh agama non PNS. (Foto : zonautara.com/Rhendy Umar)

MANADO, ZONAUTARA.com Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) teknik substantif para penyuluh agama non PNS, dimulai dari tanggal 16 – 21 April 2018. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari tiga golongan agama, yaitu Islam, Kristen dan Hindu.

Puncak keseluruhan kegiatan telah ditutup Sabtu (18/4/2018) kemarin, yang dipimpin Kepala Balai (Kabalai) Diklat Keagamaan Manado H Kaeroni.

Dalam sambutannya, Kabalai mengucapkan selamat kepada para peserta yang mengikuti diklat selama enam hari dengan penuh disiplin, penuh antusias dan penuh semangat.

“Semoga apa yang kita dapatkan di sini, dapat kemudian nanti dapat diterapkan, dikembangkan, dalam upaya penyuluhan yang lebih baik lagi, yang bapak ibu lakukan,” jelas Kaeroni, di Balai Diklat Keagamaan Manado.

zonautara.com

Kabalai saat membawakan sambutan kepada para peserta (Foto : zonautara.com/Rhendy Umar)

Dia menjelaskan, panitia sudah berupaya dengan semaksimal mungkin dengan memberikan pelayanan yang optimal dari sisi prasarana, dari sisi pelayanan, baik akomodasi, konsumsi dan lain-lainnya. Namun, Kaeroni meminta maaf kepada para peserta jika menemukan kekurangan selama mengikuti Diklat.

“Jadi kami panitia memohon maaf apabila pelayanan kami ada yang kurang, ada yang tidak pas, mudah-mudahan tidak mengganggu secara umum diklat kita,” ujarnya.

Kaeroni pun berharap, seluruh peserta yang menjadi perpanjangan tangan pemerintah dapat memberikan penyuluhan tentang keagamaan dan pembangunan kepada masyarakat, serta menjaga isu-isu pemecah belah bangsa.

“Bapak-ibu penyuluh agama adalah manusia pilihan yang terseleksi sebagai duta-duta agama untuk menyebar kedamaian, persatuan, kerukunan umat beragama,” tutupnya.

Sementara itu, salah salah satu penyuluh agama asal Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Pdt Elfie D. Kumolontang mengaku, mendapatkan pemahaman baru dalam Diklat Teknis Substantif ini.

“Banyak yang saya terima dalam diklat. Ini akan jadi modal untuk saya bawa dan kepada daerah saya di pedalaman. Ada banyak kenangan di tempat ini, bisa bertemu dengan peserta dari golongan agama yang berbeda dan sangat baik. Di sini saya belajar hidup rukun dan damai sesam agama,” jelas Istri dari Pdt. John Sumilat Gembala GPdI Tolondadu.

Diketahui, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dinyatakan lulus. Mereka pun memeroleh sertifikat yang diberikan langsung oleh panitia penyelenggara.

 

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Continue Reading

PENDIDIKAN

Tingkatkan SDM, Unima Gelar Workshop

Published

on

zonautara.com
PR 1 Unima bersama Ketua Panitia dan para narasumber. (Foto: Istimewa)

MANADO, ZONAUTARA.com – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para Dosen yang juga sebagai peneliti di Universitas Negeri Manado (Unima), terus menjadi prioritas untuk ditingkatkan.

Teranyar, peningkatan kualitas para dosen tersebut dilakukan melalui Workshop Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian Program Riset Dasar Tahun 2018 yang digelar sejak Selasa hingga Rabu (17-18/4/2018), di Arya Duta Hotel Manado.

Kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Unima ini pun dibuka oleh Pembantu Rektor 1 Deitje Katuuk, mewakili Rektor Unima Paula Runtuwene.

Sementara, untuk peserta dalam workshop ini merupakan para Dosen peneliti yang telah mengusulkan proposal tahun 2017 yang lalu dan rata-rata bergelar S3 atau dalam jenjang lektor.

Ketua Panitia Pelaksana Revolson Mege mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan, yang merupakan unsur Tri Darma sebagai visi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Semoga dari kegiatan ini, kualitas proposal penelitian dari peneliti di Sulawesi utara akan lebih baik lagi,” kata Mege.

Sementara itu, salah satu peserta Shirly Lumeno mengatakan, workshop tersebut sangat bermanfaat.

“Banyak hal yang diperoleh, banyak informasi terkait proposal yang layak atau tidak, mulai dari ringkasan sampai pendanaan,” ujar Dosen Unima ini.

Tampil sebagai narasumber dalam workshop ini Emy Susanti dari Universitas Airlangga, Tjipto Sumadi dari Universitas Negeri Jakarta, Hotniar Siringoringgo dari Universitas Gunadarma dan  Andi Aladin dari Universitas Islam Makassar.

Editor : Christo Senduk

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: