Connect with us

KABAR

Ribuan Aparat Keamanan, Amankan Jalannya Manado Fiesta

Terpantau pula ratusan anggota satuan pengamanan dari unsur LSM juga ambil bagian dalam apel persiapan pengamanan tersebut.

Published

on

MANADO, ZONAUTARA.com – Demi suksesnya ajang Festifal Manado Fiesta 2017, ribuan personil keamanan diterjunkan demi mengantisipasi keamanan jalannya acara akbar tersebut. Seperti yang terpantau ZONAUTARA, Sabtu (2/8/2017) pagi, di Marina Plaza.

Kapolresta Manado, Kombes Pol Hisar Siallagan memimpin Apel Kesiapan personil Polri, dalam tugas pengamanan.
Dijelaskannya, total jumlah anggota Polri yang diterjunkan, berjumlah 876 personil.

“Ini terdiri dari Satuan Brimob, Sabhara, Lalu lintas, Buser dan Intelkam serta Propam,” jelasnya.

Menurut Hisar, ratusan personil kepolisian yang terlibat dalam pengamanan ini, adalah gabungan dari Polda dan jajaran Polresta Manado, serta BKO dari Polres-Polres sekitar.

Event akbar itu membuat Jalan Piere Tendean (Boulevard), harus ditutup selama enam jam. Oleh karena itu, pihaknya akan fokus menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang berkaian dengan keamanan. Baik itu pada jalur parade, maupun di luar jalur tersebut.

“Kan, dengan ditutupnya jalur Boulevard selama enam jam, pasti berdampak pada situasi lalu lintas Kota Manado pada umumnya,” beber Siallagan.

Sememtara itu, Komandan Daerah Militer (Dandim) 1309/Manado, Letkol Arm Yohanes Pioh, kepada menjelaskan bahwa Kodim menurunkan pula ratusan anggotanya, untuk membantu kepolisian dalam menjaga keamanan dan lancarnya acara.

“Kami terjunkan 300 personil, dengan perincian 250 untuk pengamanan terbuka, dan 50 prrsonil pengaman tertutup,” jelas Pioh.

Pelaksana Tugas (Plt) Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Manado, Maxi Tawaluyan menjelaskan bahwa pihaknya turut memback up tugas pengaman kepolisian.

“Kami terjunkan sejumlah 300 anggota Sat Pol PP Manado, dalam acara ini,” tegasnya.

Terpantau pula ratusan anggota satuan pengamanan dari unsur LSM juga ambil bagian dalam apel persiapan pengamanan tersebut.  Organisasi masyarakat yang ikut terpantau dari Laskar Merah Putih, Milisi Waraney, Waraney Santiago, Laskar Adat Manguni, Brigade Manguni, Maesaan Tou Minahasa.

 

Comments

comments

Click to comment

Komentar

MINSEL

Gempa 5.0 SR Terjadi Di Minahasa Selatan

Tidak berpotensi tsunami.

Published

on

zonautara.com
Lokasi gempa di Minahasa Selatan (BMKG)

MANADO, ZONAUTARA.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikia merilis informasi gempabumi, Selasa (20/2/2018).

Gempabumi berkekuatan 5,0 skala richter itu terjadi di 27 kilometer arah Barat Laut Minahasa Selatan. Lokasi tepatnya berada pada koordinat 1.34 LU – 124.42 BT.

Gempa pada kedalaman 202 kilometer itu terjadi pada pukul 17:29:28 WITA dan tidak berpotensi tsunami.

Belum ada laporan mengenai kerusakan sejauh ini yang diterima.

 

Editor: Ronny A. Buol

Comments

comments

Continue Reading

HUKUM & KRIMINAL

Percobaan Pembunuhan Gemparkan Sekretariat DPRD Minut

Published

on

zonautara.com
Ilustrasi penikaman. (Foto: Zonautara.com/Lukman Polimengo)

MINUT, ZONAUTARA.com – Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara (Minut) digemparkan dengan peristiwa percobaan pembunuhan terhadap seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), Selasa (20/2/2018) sekira pukul 10.00 Wita.

Korban diketahui bernama Jane Manua, pegawai di Bagian Umum Sekretariat DPRD Minut. Saksi di lokasi kejadian, Vera Kaunang mengatakan, pelaku masuk ke ruangan Bagian Umum dan terlibat adu mulut dengan korban.

“Suasana semakin memanas, tiba-tiba pelaku mengeluarkan sebilah pisau dan berusaha menikam korban. Saat itu Jane sempat melawan,” terang saksi.

Pegawai lainnya mengaku sempat menghadang pelaku. Namun karena ketakutan, pelaku melarikan diri dengan melompati dinding setinggi 3 meter.

Hasil identifikasi Satuan Reskrim Polres Minut menyatakan, korban terkena luka tusuk di dada sebelah kiri dan bagian ulu hati dengan pisau sepanjang 30 cm. Akibatnya, korban kritis dan dilarikan ke rumah sakit.

Kasat Reskrim Polres Minut AKP Ronny Maridjan saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Benar terjadi penikaman di Kantor DPRD Minut. Kami telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Pelaku kini dalam pengejaran oleh tim kami. Diduga pelaku adalah suami korban” jelas Ronny.

Dia berharap, pelaku segera menyerahkan diri dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.(K-15)

 

Editor: Eva Aruperes

Comments

comments

Continue Reading
%d bloggers like this: